Daging ayam adalah protein yang populer di negara Indonesia, karena memang hampir semua penduduk indonesia menyukai semua jenis makanan olahan yang menggunakan  daging ayam ini. Jadi bila anda membuat usaha dan ternak ayam potong ini tentu dapat sangat menguntungkan dan bisa dijadikan peluang usaha dengan prospek yang bagus untuk dikembangkan.



Berikut ini saya sajikan Analisis Bisnis Peternakan Ayam Skala Kecil (Sederhana), analisis bisnis ini merupakan proses evaluasi prospek ekonomi yang ditujukan untuk peternak ayam khususnya yang menekuni bisnis Ayam Pedaging, mudah-mudahan dengan melihat contoh analisis bisnis ini dan didukung dengan tata kelola dengan baik maka peternakan ayam yang akan dijalankan dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Analisis bisnis Peternakan Ayam
Analisis bisnis Peternakan Ayam



Produksi peternakan ini akan menghasilkan output 50 kg daging ayam per hari pada waktu panen, dengan modal yang dibutuhkan berada pada kisaran satu juta rupiah.



A. Modal Awal yang dikeluarkan.

Biaya pembuatan Kandang sederhana seadanya = Rp. 500.000

Harga Anak Ayam / DOC, 200 ekor = Rp. 4.000 X 200 = Rp. 800.000

Biaya penggantian sekam per bulan= Rp. 25.000

Biaya Pakan + Vaksinasi / Bulan = Rp. 150.000

Jadi biaya total yang dikeluarkan adalah :

Rp. 500.000 + Rp. 800.000 + Rp. 25.000 + Rp. 150.000 = Rp. 1475.000

Catatan :

Untuk Pemilihan DOC sebaiknya pastikan anak ayam yang dipakai adalah bibit unggul dan terbaik, jangan sekali - sekali membeli bibit anak ayam yang kondisinya afkir, hal ini dimaksudkan agar ternak ayam anda cepat berkembang. Untuk cara memilih anak ayam lihat tulisan berikut :


Sedangkan untuk sekam yang digunakan disarankan sebaiknya setiap minggu diganti, hal ini agar bau / aroma busuk dari peternakan ayam tidak begitu tercium dan kondisi kandang tidak lembab. Lihat juga tulisan tentang Hukum dalam Peternakan Anak Ayam




B. Prediksi keuntungan yang diperoleh.

Karena kita akan membangun peternakan dengan market yang jelas (Kebutuhan Rumah Makan) maka keuntungan yang didapatkan bisa sangat besar.



Berikut ini adalah rincian keuntungan yang kira-kira diperoleh oleh peternak :

— Harga jual ayam ke rumah makan : Rp. 30.000 / Ekor

Jika Kita asumsikan resiko keberhasilan peternakan  yang kita mulai mampu menjaga kehidupan Ayam Sebesar 90% ( 100 % - 10 %, sepuluh persen adalah prediksi kematian yang terjadi selama beternak ayam), berarti kita memiliki ayam yang bertahan hidup sebanyak 90 % x 200 Ekor = 180 ekor ayam



— Total harga jual = 30.000 X 180 = Rp. 5.400.000

— Upah 2 (dua) karyawan untuk pemotongan dan membersihkan daging : Rp. 700.000 / Bulan (akan lebih murah lagi jika peternak sendiri bisa melakukan pemotongan sendiri)



Nah Keuntungan kotor yang kita dapatkan adalah :

= Harga Jual — Gaji Karyawan

= 5.400.000 — 700.000 = Rp. 4.700.000



Sehingga keuntungan bersih yang kita dapatkan dari peternakan ini adalah :

= Keuntungan — Modal Usaha

= Rp. 4.700.000 — Rp. 1.475.000

= Rp. 3.225.000



Dari analisa bisnis sederhana diatas keuntungan yang didapatkan sangat besar. Karena dengan modal  hanya satu juta rupiah keuntungan yang didapatkan adalah sebesar tiga kali lipat, ini hanya dalam satu kali masa panen sehingga jika di lakukan dalam skala besar tentunya potensi peternakan ini akan dapat sangat menghasilkan dan menguntungkan.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan lokasi kandang ayam, untuk lebih jelasnya lihat tulisan berikut ini :
Supaya Untung. Perhatikan Panduan Ini, dalam Membangun Kandang Ayam


Demikian informasi yang dapat saya berikan mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang akan memulai bisnis peternakan.

Post a Comment

  1. Analisa usahanya ga jelas nih...masak pakan 1 bulan cuma 150 ribu refrensi dari mana

    ReplyDelete
  2. Ditempat saya pakan 1karung 360rb. Per 100ekorny aj btuh 4karung. .sya yakin klo yang analisis ini bukan peternak.

    ReplyDelete
  3. saya yakin kalo pake analisa ini pasti ayam mati semua ha ha ha...dasar bego..!!!

    ReplyDelete
  4. Itu yang analisa bukan saya lo....loh siapa yang nanya ?

    ReplyDelete
  5. Blom update tu ngawur...

    ReplyDelete

Silahkan komentar disini.

 
Top